PEUMULIA JAME ADAT GEUTANYO...RELA BERBAGI, IKHLAS MEMBERI...PEUMULIA JAME ADAT GEUTANYO...RELA BERBAGI, IKHLAS MEMBERI...PEUMULIA JAME ADAT GEUTANYO...RELA BERBAGI, IKHLAS MEMBERI... PAI KELAS XI...PAI KELAS XI, PAI KELAS XI...SMAN 1 PEUKAN BADA...PAI KELAS XI, PAI KELAS XI...SMAN 1 PEUKAN BADA...PAI KELAS XI, PAI SMA KELAS XI...

Kamis, 12 Mei 2011

KISI-KISI USBN PAI


KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SMA/SMK TAHUN 2009/2010


Kurikulum Acuan   : Standar Isi Tahun 2006
Waktu                     : 120 Menit
Jumlah Soal            : 50 PG

No
Standar Kompetensi
Lulusan
Uraian Kompetensi
Kelas/ Semester
Indikator Soal
Bentuk Soal
No. Soal
PG
1.       
Memahami ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
§ Menyebutkan arti QS Al Baqarah: 30, Al Mukminun: 12-14, Az Zariyat: 56 dan An Nahl: 78 yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah
X/1
§ Ditampilkan potongan ayat QS Al Baqarah: 30, siswa dapat mengidentifikasi tajwid QS Al Baqarah: 30


1


§ Menyebutkan arti QS Ali Imran: 159, dan QS Asy Syura: 38 yang berkaitan dengan demokrasi
X/2
§ Ditampilkan QS Ali Imran: 159 siswa dapat menyebutkan arti potongan QS Ali Imran: 159
§ Disajikan QS Asy Syura: 38, siswa dapat menjelaskan isi kandungan QS Asy Syura: 38



2




3


§ Mengidentifikasi tajwid QS Yunus: 101 dan QS Al Baqarah: 164 yang berkaitan dengan pengembangan IPTEK
XII/2
§ Ditampilkan potongan ayat QS Yunus: 101, siswa menyebutkan arti potongan ayat QS Yunus: 101



4


§ Menyebutkan arti dan kandungan QS Yunus: 101dan QS Al Baqarah: 164 yang berkaitan dengan pengembangan IPTEK
XII/2
§ Ditampilkan potongan ayat QS Yunus: 101, siswa dapat menyimpulkan kandungan QS Yunus: 101
§ Siswa dapat menunjukkan sikap yang sesuai dengan QS Al Baqarah: 164
§ Siswa dapat menyimpulkan isi kandungan QS Al Baqarah: 164 (ditampilkan QS Al Baqarah: 164)



5






6




7
2.       
Meningkatkan keimanan kepad Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asamaul Husna
§ Menjelaskan makna 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
§ Menjelaskan hikmah beriman kepada malaikat
X/1
§ Siswa dapat menyebutkan arti salah satu sifat Allah dalam Asmaul Husna
§ Siswa dapat membedakan antara malaikat dan manusia
§ Siswa dapat menyebutkan hikmah beriman kepada malaikat


8




9



10






§ Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah
X/2
§ Siswa dapat menyebutkan nama-nama kitab Allah
§ Siswa dapat mengidentifikasi isi pokok Al Qur’an


11



12


§ Menjelaskan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah
XI/1
§ Siswa dapat menyebutkan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah


13


§ Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
XI/2
§ Siswa dapat menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi
§ Siswa dapat mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
§ Siswa dapat menunjukkan sikap beriman kepada Rasul-rasul Allah


14



15




16


§ Menjelaskan hikmah beriman kepada hari Akhir
XII/1
§ Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir
§ Siswa dapat menyebutkan hikmah beriman kepada Hari Akhir


17






18


§ Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar
XII/2
§ Siswa dapat menunjukkan contoh taqdir mubram


19

3.       
Berperilaku terpuji seperti husnuzzan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyraf, tabzir dan fitnah
§ Menyebutkan pengertian dan contoh-contoh perilaku husnuzzan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
X/1
§ Siswa dapat menyebutkan pengertian husnuzzan

20


§ Menjelaskan pengertian taubat dan raja
XI/2
§ Siswa dapat menunjukkan syarat-syarat taubat
§ Siswa dapat menunjukkan dalil-dalil tentang taubat


21


22


§ Menyebutkan hikmah taubat dan raja
XII/2
§ Siswa dapat menyebutkan hikmah taubat
§ Siswa dapat membedakan antara taubat dan raja


23


24


§ Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir dan fitnah
§ Menjelaskan contoh perilaku isyraf, tabzir dan fitnah
XII/2
§ Siswa dapat menyebutkan pengertian isyraf
§ Siswa dapat menunjukkan akibat tabzir
§ Siswa dapat mengidentifikasi cara menjauhi fitnah


25


26


27
4.       
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum mualamah dan hukum keluarga dalam Islam
§ Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
X/1
§ Siswa dapat menunjukkan kedudukan Al Qur’an dalam hukum Islam

28


§ Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
XI/1
§ Siswa dapat menyebutkan rukun jual beli
§ Siswa dapat menyebutkan pengertian riba
§ Siswa dapat menunjukkan akibat praktik riba
§ Siswa dapat membedakan antara syirkah ‘inan dengan ‘abdan
§ Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri transaksi ekonomi Islam


29


30


31


32




33





§ Menjelaskan ketentuan perkawinan dalam Islam
XII/1
§ Siswa dapat menyebutkan rukun nikah
§ Siswa dapat menyebutkan muhrim dalam nikah
§ Siswa dapat membedakan antara talaq raji’ dan talaq ba’in


34



35



36



§ Menjelaskan hikmah perkawinan
XII/1
§ Siswa dapat menunjukkan hikmah nikah dalam Islam


37


§ Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
XII/1
§ Siswa dapat menunjukkan ketentuan perkawinan menurut UU no. 1 tahun 1974


38


§ Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris
XII/2
§ Siswa dapat menunjukkan kewajiban yang harus dilakukan sebelum pembagian harta waris
§ Siswa dapat menunjukkan sebab-sebab seseorang mendapat harta waris
§ Siswa dapat menyebutkan furudul muqaddarah


39






40





41


§ Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris
XII/2
§ Disajikan contoh wafatnya seseorang dengan meninggalkan sejumlah harta warisan dan beberapa ahli waris, siswa dapat menghitung pembagian harta waris masing-masing


42


43



§ Menjelaskan hikmah hukum waris dalam Islam
XII/2
§ Siswa dapat menyebutkan hikmah hukum waris



44
5.       
Memahami sejarah Nabi Muhammad periode Mekkah dan periode Medinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia
§ Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah dan Madinah
X/1
§ Siswa dapat menunjukkan strategi dakwah Rasulullah pada periode Mekkah
§ Siswa dapat menunjukkan keberhasilan  dakwah Rasulullah pada periode Madinah


45





46


§ Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
XII/1
§ Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung perkembangan Islam di Indonesia


47


§ Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
XII/1
§ Siswa dapat menunjukkan hikmah perkembangan Islam di Indonesia


48


§ Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
XII/2
§ Siswa dapat menunjukkan contoh perkembangan Islam di dunia


49


§ Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
XII/2
§ Siswa dapat mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia

50