PEUMULIA JAME ADAT GEUTANYO...RELA BERBAGI, IKHLAS MEMBERI...PEUMULIA JAME ADAT GEUTANYO...RELA BERBAGI, IKHLAS MEMBERI...PEUMULIA JAME ADAT GEUTANYO...RELA BERBAGI, IKHLAS MEMBERI... PAI KELAS XI...PAI KELAS XI, PAI KELAS XI...SMAN 1 PEUKAN BADA...PAI KELAS XI, PAI KELAS XI...SMAN 1 PEUKAN BADA...PAI KELAS XI, PAI SMA KELAS XI...

Selasa, 22 Maret 2011

PEMBELAJARAN

Adapun mengenai aspek kelayakan penyajian, yang terdiri atas :
  1. Kelengkapan penyajian yang terdiri atas bagian awal (sampul, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar/ilustrasi dan daftar lampiran); dimensi buku cukup proporsional dengan ukuran buku 18×26 cm, desain cover buku cukup bagus, font yang dipakai cukup proporsional dan standar begitupun dengan jenis kertas yang memakai kertas koran yang dipercaya menghemat ongkos produksi (yang berpengaruh pada harga buku di pasaran). Adapun pada bagian inti (judul bab, uraian bab, ringkasan bab, latihan/contoh soal untuk bahan evaluasi dan penyertaan gambar/foto sebagai ilustrasi) secara keseluruhan dinilai cukup baik, terutama konsistensi pengarang dalam memberikan rangkuman untuk setiap bab. Pada bagian latihan soal terdapat variasi jenis latihan antara pilihan ganda, mengisi titik-titik, menjawab pertanyaan essay dan tugas individu siswa dengan model penugasan yang bermacam-macam. Hanya saja sayangnya pada bagian akhir (indeks, glosarium, daftar pustaka dan lampiran) tidak terdapat indeks, glosarium atau lampiran tertentu, yang ada hanya daftar pustaka dan halaman kosong yang berguna sebagai catatan.
  2. Pendukung peyajian yang terdiri atas kata pengantar, pendahuluan, rujukan/sumber dan identitas pada setiap ilustrasi, daftar indeks (subjek), glosarium, daftar pustaka dan rangkuman, dinilai kurang memuaskan karena hanya menampilkan kata pengantar dari penyusun tanpa disertai petunjuk penggunaan buku, peta konsep atau hal-hal lain yang dapat memberikan pemahaman lebih terhadap isi buku.  Rujukan/sumber dan identitas pada setiap ilustrasi pun hampir tidak ada penjelasan yang cukup berarti baik dari penyusun atau penerbit. Di identitas buku pada bagian awal pun tidak disebutkan soal ISBN atau sekedar pengantar dari pihak penerbit.
  3. Penyajian pembelajaran yang terdiri atas keruntutan materi, kekoherensian, konsistenasi, keseimbangan/proporsionalitas materi, dipandang sudah cukup baik dan cukup memadai setidaknya sebagai bahan ajar modal awal. Adapun persoalan apakah materi ajar yang terdapat pada buku tersebut sudah berpusat pada peserta didik, mendorong kemandirian dalam belajar dan mendorong keingintahuan siswa maka penulis belum dapat menyimpulkan secara pasti. Namun sepintas jika dilihat dari uraian materi dan bobot uraian yang disajikan agaknya kurang memenuhi ekspektasi tersebut. Buku ajar karangan Dr. H. Moh. Matsna, MA penulis nilai belum banyak ber’bicara’ secara komunikatif dan inspiratif terhadap siswa sehingga sulit rasanya menilai buku ini akan dapat menggugah rasa keingintahuan siswa jika hanya mengandalkan buku ini saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar